Senin, 17 Desember 2012

Model Sistem Politik


Model-model Sistem politik02MAR2012Tinggalkan Sebuah Komentar 
Setiap Negara mempunyai sistem politik yang berbeda-beda antara Negara satu dengan yang lainnya, hal ini dipengaruhi oleh sejarah, lingkungan dan atau kultur serta Ideologi yang digunakan oleh negaratersebut. Beberapa model-model sistem politik ditinjau dari sudut historis dan perkembangan sistem politik, dimulai Otokrasi Tradisisonal ke Totaliter  dan sampai ke Demokrasi  (Ramlan Surbakti)
1. Sistem politik Otokrasi Tradisional
Sistem politik menekankan pada nilai-nilai moral dari kebutuhan materil, menekankan kekerabatan dari pada individualisme, menekanakan ikatan primordial seperti ikatan keturunan, ikatan sukubangsa atau agama yang terwujud dalam diri seorang pemimpin yang dominan ( Otokrat ), stratifikasi ekonomi sekamin tinggi ekonominya semakin tinggi kekuasaannya. contoh pemimpinmya biasanya sultan, raja atau kaisar yang dijadikan identitas bersama dalam sistem ini. Kekuasaanya lebih bersifat pribadi, berada di sekitar otokrat tersebut, seperti kaum bangsawan, tuantanah & alim ulama, kelompok sosial modern seperti kelompok kepentingan, partai politik media massa belum berkembang, para petani tidak ikut kegiatan politik karena mskin, buta huruf, terikat tradisi dan dikuasai tuan tanah sedangkan tuan tanah sebagai kaki tangan otokrat. Kewenangan otokrat bersumber dan berdasarkan tradisi atau warisan orang tuanya yang mungkin pernah memegang otokrat atau kerabat otokrat.
2. Sistem politik Totaliter
Sistem ini sangat menekankan konsessus total di dalam masyarakat dan menimbulkan konflik didalam maupun di luar negeri. Namun untuk mencapai itu semua bukan hanya dengan IndoktrinasiIdeologi tetapi juga dengan cara paksaan yang luas dan mendalam. Sistem ini terdapat dalam Sistem Politik Komunisme dan Sistem politik Fasisme.
 3. Sistem Politik Demokrasi
Sistem ini sistem politik yang menghendaki keseimbangan antara konflik dan konsessus artinya demokrasi yang memungkinkan adanya perbedaan pendapat, persaingan dan pertentangan diantara individu dan kelompok, individu dan pemerintah, kelompok dan pemerintah selama tidak menganggu sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar