Selasa, 25 Desember 2012

Demokrasi Dilihat dari berapa aspek

Demokrasi
Kebaikan Bersama
Identitas bersama
Hubungan Kekuasaan
Legitimasi Kewenangan
Hubungan Ekonomi Politik

Persamaan kesempatan politik dan hokum
Bhenika tunggal Ika
Kekuasaan yang relatif merata
Bersifat prosudial kekuasaan atau Rule Of Law
Pemerintah  dan Swasta Ikut mengambil bagian aktif dalam kehidupan bernegara
Pembahasan
Jadi di dalam pemerintahan demokrasi mempunyai kesempatan berpolitik dan mempunyai kesamaan terhadap hokum yang ada di Indonesia
Identitas Negara dalam pemerintahan demokrasi ialah bhenika tunggal Ika. Yaitu kebersamaan berbeda beda tapi tetap satu juga.
Dalam negara-negara demokratis hubungan kekuasaan antara badan-badan legislative, eksekutif dan yudikatif adalah berbeda-beda . satu hal yang menjadi cirri umum, bahwa ketiga fungsi itu biasanya dipegang oleh tiga organ yang berbeda. Sesuai dengan ajaran MONTESQUIEU yang membedakan adanya tiga jenis
Bersifat Rule Of Law yang artinya hukum diatas semua orang dan itu berlaku bagi semua orang. Apakah gubernur atau diatur, apakah penguasa atau dikuasai, tidak ada yang diatas hukum, tidak ada yang dibebaskan dari hukum, dan tidak ada yang dapat memberikan dispensasi untuk penerapan hukum.
Di dalam Negara Demokrasi peran pemerintah dan swasta ini seimbang, tetapi pihak swasta tetap tidak lepas dari pengawasan pemerintah dalam menjalankan perusahaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar